Fakta Tentang Kadaluwarsa Makeup!


Sama halnya dengan makanan, produk kecantikan pun memiliki masa habis pakai atau kadaluwarsanya. Ada waktunya kamu harus merelakan makeup kesayangan kamu untuk dibuang ke tempat sampah. Dengan memakai makeup yang telah kadaluwarsa bisa merusak kulitmu karena adanya bakteri berpindah dari makeup ke wajah. Bakteri tersebut bisa menyebabkan iritasi kulit dan lain-lain. Beberapa perusahaan besar kini telah mencantumkan beragam informasi tentang masa produksi beserta tanggal kedaluwarsa di setiap kemasan produk. Banyak simbol yang tertera pada kemasan yang berkaitan dengan masa simpan produk atau huruf-huruf seperti “M” yang melambangkan Month atau “Y” untuk Year. Tulisan “12 M” memiliki arti bahwa produk tersebut akan bertahan selama 12 bulan sejak kemasan pertama kali dibuka. Namun sebenarnya, perusahaan kosmetik tidak diharuskan untuk mencantumkan tanggal kedaluwarsa pada setiap produknya. Jadi penting bagi kamu untuk mengetahuinya ya!
Berikut ini adalah panduan untuk mengetahui kapan kamu harus segera mengganti peralatan makeup kamu dan tips untuk penyimpanan makeupmu agar lebih higienis.
1. 1. Foundation
Masa Pakai: 6 bulan - 1 tahun 
Tips: Simpan foundation dalam suhu ruangan dan di tempat kering, jauhkan dari panas langsung dan tempat lembab. Jauhkan kontak jari dengan mulut foundation. Kamu sudah pasti harus membuang foundation kamu ketika adanya perubahan warna dan tekstur.
2. 2. Parfum
Masa Pakai : 8 - 10 tahun 
Tips: Parfum adalah produk kecantikan dengan masa pakai terlama. Simpan parfum di tempat yang sejuk dan kering serta terhindar dari sinar matahari langsung. Karena  cahaya matahari langsung dapat mengoksidasi parfum dalam botol dan mengubah komponen didalamnya dan menghasilkan bau aneh dengan lebih cepat.
3. 3. Lipstick, Lip Liner, dan Lip Gloss
Masa Pakai: 1 tahun 
Tips: Kamu harus membuang produk bibir kamu ketika dia berubah tekstur dan kering. Simpan dia di tempat yang sejuk dan kering. Jangan tinggalkan produk ini di dalam mobil yang panas ya!
*4. 4. Pensil Alis *
Masa Pakai: 1 tahun
Tips: Pensil alis adalah produk bagian mata yang memiliki masa kadaluwarsa paling lama. Simpan pensil alis ditempat yang sejuk.
5. 5. Maskara
Masa Pakai: 3 bulan
Tips: Mengganti maskaramu dapat membantu untuk mencegah terjadinya iritasi atau infeksi mata. Kamu harus mengganti maskara jika teksturnya menggumpal dan berbau aneh. Hindari meminjamkan maskara kepada orang lain untuk meghindari penyebaran bakteri.  
  6. 6. Eyeliner Liquid
Masa Pakai: 3 - 4 bulan
Tips: Sama seperti maskara, hindari meminjamkan eyeliner kepada orang lain untuk terhindar dari bakteri menular.
7. 7. Blush Padat dan Bedak
Masa Pakai: 2 tahun
Tips: Rajin untuk mencuci kuas yang digunakan untuk mengaplikasikan produk. Kamu harus mengganti produk ini ketika adanya perubahan tekstur menjadi lebih kering dan kasar. 
  *8. 8. Cream Blush *
Masa Pakai: 12 - 18 bulan
Tips: Pastikan tangan kamu bersih ketika menggunakan cream blush. Simpan cream blush ditempat yang sejuk. Hindari meninggalkan produk ini di dalam mobil yang panas.
9. 9. Eye Shadow
Masa Pakai: 3 - 6 bulan
Tips: Meskipun produk ini berbentuk powder, tapi eyeshadow tidak dapat bertahan lama seperti jenis lainnya. Melainkan eyeshadow hanya bisa bertahan 3- 6 bulan saja.  
10. 10. Kutek
Masa Pakai: 1 - 2 tahun 
Tips: Simpan kutek di tempat yang sejuk dan kering. Hindari kontak dengan cahaya matahari langsung . Jika tekstur kutek menggumpal dan lengket, kutek tersebut harus sudah dibuang. Namun, ada beberapa kutek yang dapat diperpanjang masa pakainya dengan menggunakan pengencer cat kuku.
Artikel Asli

0 Response to "Fakta Tentang Kadaluwarsa Makeup!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel